Halaman

BK Sahabat Siswa

BK Sahabat Siswa

Jumat, 25 Desember 2015

PERCAYA,PASTI BISA !!!!!!



PERCAYA? PASTI BISA !

A.    Pengertian
Percaya diri datang dari kemampuan berkomunikasi secara verbal. Dengan berbicara, Anda akan berbicara dengan diri sendiri dan berbicara pada orang lain. Berbicara dengan diri sendiri akan menjalankan proses manajemen diri. Andalah orang yang paling tahu harus mengatakan apa pada diri sendiri. Jika anda belum percaya diri, maka anda bisa menjadi percaya diri. Percaya diri itu dinamis, ia bisa naik dan turun, berubah dan berkembang.
Berikut ini adalah komplikasi berbagai alasan untuk percaya diri, yang dikumpulkan dari pakar manajemen, kepemimpinan, komunikasi, dan motivasi.

1.      PERCAYA DIRI BERARTI MAMPU MENGONTROL
Percaya diri anda dibangun dengan berlatih untuk mengontrol berbagai hal. Dengan tingkat percaya diri yang makin baik, Anda akan lebih mampu mengontrol berbagai hal. Dengan percaya diri yang lebih tinggi, Anda akan mampu mengontrol berbagai aspek dari kehidupan Anda.
Dengan mampu mengontrol berbagai aspek diri pribadi Anda, Anda akan lebih jernih dalam melihat dan mengatur tujuan dan sasaran pribadi Anda. Dengan kejelasan dalam tujuan dan sasaran Anda, maka Anda akan lebih mampu dalam mengarahkan perilaku Anda menuju kepada keberhasilan Anda.

2.      PERCAYA DIRI BERARTI TAHU KAPASITAS DIRI
Dengan percaya diri, anda akan memahami seluk beluk dan tingkat kapasitas yang anda miliki. Dengan mengetahui kapasitas diri, Anda akan mampu melakukan analisis untuk diri pribadi anda.
Dengan mengetahui aspek yang ada pada diri anda sendiri, maka Anda akan tahu persis dari mana harus memulai dan kemana akan berakhir.


3.      PERCAYA DIRI BERARTI SUCSES ORIENTED
Dengan percaya diri, Anda menggeser fokus diri dari jebakan ketakutan akan kegagalan dan kerugian, ke cara pandang yang optimis tentang berbagai kesempatan dan keberhasilan. Anda akan menjadi orang yang sucses oriented.
Dengan percaya diri, Anda tidak akan merasa cukup hanya dengan ‘positive thinking’ , tapi lebih dari itu, Anda akan menuntut ‘positive knowing’.
Dengan ‘positive knowing’, Anda akan menjadi orang yang ahli di bidangnya. Anda akan menjadi orang yang expert, ahli dan pakar. Itulah jalan menuju kesuksesan Anda.

4.      PERCAYA DIRI BERARTI PERBIKAN KUALITAS NETWORKING
Dengan percaya diri, Anda akan meningkatkan kualitas personality Anda. Dengan kenaikan personality Anda, maka Anda juga akan menaikan kualitas ‘relationship’ Anda.
Seorang pemimpin atau pengusaha atau pejabat yang memulai dari bawah, kemudian terus naik sampai ke tingkatan tertentu di bidangnya, tidak hanya berhubungan dengan orang-orang di bawahnya. Lebih dari itu, ia juga akan meningkatkan kualitas networkingnya ke tingkat yang lebih luas.
Ia akan terlibat dengan orang-orang yang juga lebih tinggi kualitasnya, lebih tinggi keahliannya, dan lebih baik tingkat percaya dirinya. Dengan itu, percaya dirinya akan makin meningkat. Dan dengan itu semua, peluang keberhasilannya juga akan meningkat.

5.      PERCAYA DIRI BERARTI YAKIN AKAN FUNGSI DIRI
Dengan percaya diri, anda akan lebih yakin bahwa keseluruhan diri Anda akan berfungsi dengan baik. Dengan percaya diri Anda akan mampu mendorong diri Anda untuk total, maksimal dan optimal. Dengan semua itu, Anda akan mencapai kemandirian dan kemerdekaan.

B.     TIPS MENINGKATKAN RASA PERCAYA AKAN KEMAMPUAN DIRI
Ada beberapa kiat praktis untuk meningkatkan rasa percaya diri. Utamanya meliputi aspek kemauan, pemahaman serta ketrampilan. Untuk memenuhi aspek kemauan, Anda perlu melakukan berbagai usaha. Antara lain :
1.      Kerjakan setiap aktivitas dengan penuh tanggung jawab, memiliki landasan nilai (value) dan prinsip-prinsip yang kuat.
2.      Milikilah kebiasaan menerima. Ini akan meningkatkan rasa memiliki.
3.      Tingkatkan rasa tanggung jawab pribadi. Dengan itu, rasa tanggung jawab untuk menyelesaikan problem akan tumbuh.

4.      Memiliki kebiasaan mempertahankan hak. Dengan cara mendorong sikap percaya diri untuk membela hak-hak kita yang hilang.
5.      Milikilah kebiasaan hidup dengan tujuan. Tanpa tujuan yang kuat tidak akan ada target dan kurang termotivasi untuk melakukan aktifitas yang baik sekalipun.
6.      Memiliki integrasi diri. Kekuatan utama bagi penyeru kebaikan terletak pada kekuatan integritas, yaitu kesatuan antara ucapan, statment tertulis dan tindakan kita.
Sedangkan untuk aspek pemahaman dan ketrampilan, sebagai berikut:
1.      Memiliki catatan/ referensi materi dan agenda yang rapi.
2.      Siapkan materi yang akan disampaikan.
3.      Bacalah buku-buku referensi, ini sangat membantu meningkatkan pemahaman.
4.      Milikilah hafalan yang baik. Orang berbicara mengandalkan apa yang diingat.
5.      Ambil selalu kesempata untuk tampilan dimuka umum kapan saja. Sebagai latihan melancarkan kemampuan bicara dan kontrol diri.
6.      Ikutilah beberapa pelatihan, semisal pelatihan Training for Trainer, atau sejenis pelatihan untuk pelatihan dan fasilitator yang membekali skill mengajar.


0 komentar:

Posting Komentar