Halaman

BK Sahabat Siswa

BK Sahabat Siswa

Jumat, 25 Desember 2015

FUTURE ORIENTATION

FUTURE ORIENTATION

Menurut Ginanjar (2001), orientasi masa depan adalah bagaimana seseorang merumuskan dan menyusun visi kedepan dengan membagi orientasi jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Sedangkan menurut Trommsdoroff (2005), mengemukakan bahwa pengertian orientasi masa depan merupakan fenomena kognitif motivasional yang kompleks, yakni antisipasi dan evaluasi tentang diri di masa depan dalam interaksinya dengan lingkungan.

Nurmi (dalam McCabe & Bernett, 2000) mengemukakan bahwa orientasi masa depan merupakan gambaran mengenai masa depan yang terbentuk dari sekumpulan skemata, atau sikap dan asumsi dari pengalaman masa lalu, yang berinteraksi dengan informasi dari lingkungan untuk membentuk harapan mengenai masa depan, membentuk tujuan dan aspirasi
serta memberikan makna pribadi pada kejadian di masa depan.

Orientasi masa depan atau gagasan seseorang mengenai perencanaan, motivasi dan perasaan tentang masa depanya merupakan persoalan yang terjadi dimasa remaja. Greene (dalam McCabe & Bernett,2000) mengatakan bahwa masa remaja awal merupakan waktu dimana orientasi masa depan dapat tumbuh dengan cepat serta dapat membedakan dan mengembangkanya. Dengan kata lain orientasi masa depan sangat erat kaitanya dengan masa
remaja
Memiliki masa depan yang cerah pasti menjadi tujuan hidup semua orang. Sukses dalam pendidikan, karier, dan memiliki keluarga yang bahagia merupakan definisi sebagian besar orang tentang masa depan yang cerah. beberapa inspirasi kunci meraih masa depan yang cerah menurut Bright friends berikut ini:
  1. Mimpi dan niat merupakan awal dari segalanya, dare to dream mengembangkan diri sendiri dan berusaha keras adalah kunci meraih masa depan yang cerah.
  2. Jika yakin dengan kemampuan diri sendiri, maka kita akan berani mencoba hal atau tantangan baru. Sukses atau gagal, tidaklah jadi masalah. Karena yang terpenting; kita jangan pernah takut untuk maju sebelum berperang.
  3. Dari proses pengembangan diri, kita akan mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman. Ya! Ilmu dan pengalaman adalah guru terbaik untuk bisa meraih masa depan yang cerah dan cemerlang. Kedua kunci tersebut pun harus saling menopang satu sama lain agar tujuan Anda bisa tercapai.
  4. Optimis dan yakin akan kemampuan diri sendiri, menjadi kunci dalam meraih masa depan yang cerah! Pokoknya, jangan sampai kegagalan menjadi halangan untuk meraih masa depan yang cerah. Belajarlah selalu dari kegagalan, dan jangan lupa untuk menghargai setiap usaha yang Anda buat. Life is a place to learn.
  5. Disiplin merupakan kunci untuk bisa meraih masa depan cerah. Hanya saja, kita harus bisa selalu fokus, teratur dan terarah dengan apa yang dibangun serta jalankan sedari awal, demi mewujudkan masa depan yang cerah.
Daftar Pustaka
McCabe, Kristen M & Douglas Barnett. (2000). First comes work, then comes marriage future                       orientation among african american young adolescents. Journal of Interdisiplinary. Journal of             Applied Vol. 49. No.1
Gibson, RL & Mitchell, M.H (2011).Bimbingan dan Konseling.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

0 komentar:

Posting Komentar